Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membayar Biaya Desain Arsitek


Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membayar Biaya Desain Arsitek. Memiliki rumah impian pastinya adalah hal yang diimpikan oleh banyak orang. Namun untuk bisa mewujudkan hal tersebut tentunya bukanlah perkara yang mudah. Apalagi bagi Anda yang tergolong memiliki banyak keinginan dalam pembangunan rumah tersebut. Untuk itulah, dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka Anda membutuhkan jasa seorang arsitek.

Tentunya untuk bisa menyewa jasa arsitek ini maka dibutuhkan dana sebelumnya. Meski begitu, bukan berarti setelah Anda membayar biaya desain arsitek maka tugas Anda sudah selesai begitu saja. Nyatanya masih ada beberapa dan faktor yang mesti diperhatikan dan dilakukan sebelum memiliki rumah impian itu. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan tersebut.

Melakukan Revisi Desain

Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan melakukan revisi desain. Biasanya sang arsitek akan memberikan desain awal terhadap rumah yang akan dibangun atau direnovasi tersebut. Desain awal ini nyatanya tidak bersifat kaku. Dalam arti kata lain, Anda tetap memiliki hak untuk memberikan kritikan hingga revisi terhadap desain awal tersebut. Jadi pastikan terlebih dulu bahwa desain tersebut memang sudah sesuai dengan ekspektasi Anda.

Barulah, setelah desain awal tersebu mendapatkan banyak revisi maka si arsitek akan melakukan perbaikan sesuai seperti apa yang Anda minta. Tidak berhenti sampai di situ saja karena di tengah pengerjaan desain tersebut nyatanya Anda masih berhak untuk melakukan revisi. Hal ini tentunya dilakukan untuk membuat Anda bisa mendapatkan rumah yang diidamkan. Sekaligus hak setelah Anda membayar  tersebut.

Menghubungi Kontraktor

Kontraktor tentunya adalah faktor yang penting bagi Anda yang ingin memuluskan pembangunan rumah impian tersebut. Biasanya kontraktor ini sendiri akan dicari sendiri oleh pihak arsiteknya langsung. Hal tersebut tidak lepas karena pihak arsitek memiliki jaringan yang luas dan juga tersebar. Termasuk di dalam jaringan tersebut, terdapat kontraktor-kontraktor handal yang selama ini bekerjasama dengan mereka.

Namun hal tersebut bukan berarti, Anda tidak bisa memilih kontraktor sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan Anda juga diberikan hak yang sama untuk menentukan mana kontraktor yang ingin dipilih. Untuk itulah, disarankan ketika Anda ingin memilih kontraktor sendiri maka segera hubungi kontraktor yang bersangkutan. Tentunya setelah Anda melakukan pembayaran biaya desain arsitek dan melakukan koordinasi langsung dengan si arsitek.

Ketahui Masa Retensi Pembangunan

Selama ini masih banyak yang beranggapan apabila rumah sudah selesai dibangun maka segalanya sudah selesai. Namun nyatanya anggapan tersebut adalah salah besar. Soalnya setelah pembangunan rumah selesai dilakukan maka ada satu proses lagi yaitu masa retensi. Mudahnya, masa retensi ini tak ubahnya masa garansi yang diberikan untuk gadget yang sudah dibeli.

Baca juga: biaya desain arsitek di makassar

Jadi dalam masa retensi ini, Anda bisa melakukan pemantauan terhadap rumah yang sudah dibangun tersebut. Pastikan dalam masa retensi tersebut tidak ada kesalahan maupun kerusakan yang terjadi. Apabila dalam masa retensi tersebut terjadi kerusakan maka pihak arsitek dan kontraktor bertanggung jawab memperbaikinya. Untuk itulah, penting sekali memastikan setelah Anda membayar biaya desain arsitek maka kontrak kerja dengan arsitek mencantumkan masa retensi.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang apa yang harus dilakukan setelah Anda membayar biaya desain arsitek. Hal ini tergolong penting, agar Anda bisa mendapatkan rumah yang selama ini diidamkan. Tentunya dengan catatan bahwa Anda melakukan berbagai langkah seperti yang dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *